Kindle Ku Datang Juga

Setelah satu tahun memimpikan Kindle, akhirnya sekarang saya sudah memilikinya, menyentuhnya, memainkannya *apalah*. Semua ini berawal satu tahun yang lalu di saat saya mulai suka membaca, sebenernya udah suka baca dari dulu, cuma sayang gitu mesti sisihkan uang jajan cuma untuk beli buku. Finally tahun lalu saya mulai upgrade skill saya dan biasa baca ebook bahasa inggris. Liat post saya tahun lalu yang berjudul My recent Hobby: Reading Novel.

Sebelum membeli tentu saya hunting di internet, cari-cari importir Kindle murah, as you may know Kindle has never been marketed in Indonesia. Option to buy directly from amazon.com might be tempting but the cost is too high. So i just counted my luck to look for trusted importer. Btw, saya berniat untuk membeli Kindle Paperwhite 2 Ads version dengan storage 4GB, ini harga aslinya $119. Ketemulah 4 toko:

1. TokoEbookReader.com
Paperwhite 2 Ads dijual Rp2,790,000
Alamat Toko Offline: Mangga Dua Mall, Lantai 4 No. 36B, Jakarta

2. Nengririen.com
Paperwhite 2 Ads dijual Rp2,890,000
Tidak ada toko offline

3. OrigikStore / shopitsimplify.com
Paperwhite 2 Ads dijual Rp2,150,000
Alamat Toko Offline: Balubur Town Square Lantai 1 Blok C-03, Jl. Tamansari, Bandung

4. Lighting Store – Tokopedia.com (Rinaldo Agusta)
Paperwhite 2 Ads dijual Rp2,000,000

Pilihan ke-1 dan ke-2 tentu saya eliminasi, gile mahal amat bro, $119 jadi 2,9jt. Prinsip saya kalo lebih dari 2 juga mending beli kindle non-touch yang 1,3jtan. Tapi ternyata pilihan ke-3 sama ke-4 menggiurkan. Awalnya saya berniat ke Balubur Town Square, ke tokonya langsung, sekalian ikut ayah nengokin adik saya yang kuliah di Bandung. Eh tapi ternyata saya gak jadi ke sana karena harus ikut pelatihan PDP1Bisnis Mappi. Yowessssss last choice tinggal beli online.

Eh tapi tiba-tiba saya nemu Lighting Store di Tokopedia.com, Sellernya namanya Rinaldo Agusta, saya tanya Paperwhitenya beli kapan dan stoknya berapa, dia bilang beli April 2014 dan stok tinggal 1 doang. Saya juga menanyakan pertanyaan yang sama di OrigikStore, actually Paperwhite di OrigikStore dibeli tahun 2013. Huhu agak jadul dong ya udah 1 tahun di gudang.

Saya menimbang-nimbang dengan cermat. Kalo di OrigikStore, sudah pasti terpercaya karena ada Offline store dan stok banyak, it means they are serious seller, consnya harganya lebih mahal Rp150,000 daripada Lighting Store. Sedangkan Lighting Store ini agak misterius, barang yg dijualnya gak gitu banyak, apalagi stok Paperwhitenya cuma 1. Ini jualan apa mainan. Terus saya googling aja si sellernya, “Rinaldo Agusta”, dan ternyata beliau memang orang Indonesia yang tinggal di US. Owner dari Qerja.com. Owkeylah kalok begitu sepertinya reliabel. Langsung saja add to cart via Tokopedia pake ekspedisi JNE paket YES. Bayar pake Klikpay Rp2,000,000 aja. Resposnnya agak lama, 2hari baru dikirim barangnya. Mungkin sibuk orangnya.

Yasudah yang penting barangnya sudah nyampe. Berikut penampakannya:

kindleindo15kindleindo14

Ini dia kotaknya, duh gak sabar bukanya nih

kindleindo13

setelah cover dicopot, robek klip disisi atas boxnya, baru kotaknya bisa dibuka

kindleindo12kindleindo11

isinya terdiri dari : Kabel USB, 1 unit Kindle, dan kartu getting to know. Buku panduan ada didalem kindlenya, bisa dibaca sendiri. Simpel sekali. Charger dibeli terpisah, saya gak beli charger karena udh ada charger tab. Bisa dipake kok

Menurut situs Amazon, Paperwhite ini untuk 1 kali charging (3-4jam) baterainya bertahan hingga 2 bulan (dengan pemakaian 30 menit per hari) atau sekitar 30jam. Pengalaman saya sih gak nyampe 2 bulan. Tapi 2 minggu ini dari awal beli belom dicas-cas. Padahal kalo udah baca buku sampe kagak tidur.

kindleindo7 kindleindo8

Paperwhite 2 berukuran16,9cm x 11,7 cm x9,1cm, beratnya 206 gram. Format dokumen yang didukung adalah: .azw3 .azw .txt .pdf .mobi .prc .html .doc .docx .jpeg .gif .png dan .bmp. Mostly saya pake format .mobi karena ebook yang saya download berformat .epub paling suitable dan hemat ukuran jika di convert ke.mobi. dibandingkan format lain.

kindleindo3kindleindo9

Layarnya anti glare, walau layarnya dilihat dari samping atau dibawah sinar matahari, tetap tidak mantul, gak seperti tab. Dan bacanya nyaman banget, hurufnya keliatan crisp dan tajam. Nyaman banget pokoknya baca pk Kindle. Tombol power dan lobang usb utk colok ke laptop/charger berapa di bagian bawah.

kindleindo6  kindleindo5 kindleindo4

Saya juga memasukan bahan kuliah saya ke dalam kindle ini lho. Sekarang kuliah gak banyak ngeprint-ngeprint, kalo presentasi tidak perlu pake q-cards cukup bawa kindle saja. Selain itu fitur lainnya adalah adanya pilihan jenis dan ukuran font, serta spacing dan margin. Kindle juga memiliki fitu built-in dictionary. Kalau ada word yang tidak dimengerti, tinggal touch agak lama, lalu muncul deh artinya, dictionarynya dari Oxford (offline) dan Wikipedia (jika tersabung ke wifi).

kindleindo kindleindo2

Selain bisa untuk baca, download buku, bikin notes, highligh text, dan share di goodreads. Kindle juga bisa untuk browsing. dibagian menu ada pilihan “Experimental Browser”, foto diatas adalah tampilan kindle saat saya mengakses blog ini. Lumayan cepet juga kompresinya. Gak nyangka saya, karena kan gadget ini tujuannya memang bukan untuk browsing. Oiya, kindle ini ada penyimpanan cloudnya juga, saya tidak perlu repot-repot colok-colok usb, cukup attach file .mobi/.pdf yang saya mau ke alamat email cloud, biasanya alamanya berupa usernameamazonkita@kindle.com. Secara otomatis, file yang diemailin tadi ada di kindle kita.

Well-well begitulah pengalaman saya memilih, membeli, dan menggunakan kindle. Kalo pengguna android ada komunitas android, nah kalo kindle ini saya masih nyari-nyari. Di kampus saya saja sepertinya cuma saya saja yang punya kindle, bahkan teman-teman saya gak ada yang tau kindle apaan. sayang banget ya.

3 comments

  1. Aku pakai Kindle dah dari tahun 2010 di Indonesia :). Malah sekarang punya dua, yang satu yang lama (Keyboard). Yang satu paperwhite

Leave a comment